BINUS Online

Cara Kerja Virtual Reality dan Manfaatnya

Apa yang dimaksud dengan virtual reality dan bagaimana cara kerja virtual reality? Tentu ini cukup sering ditanyakan, apalagi sekarang teknologi virtual reality atau disingkat dengan VR kerap digunakan sebagai salah satu media belajar untuk anak-anak. Teknologi ini memang memungkinkan agar user atau pengguna bisa berinteraksi dengan lingkungan dalam dunia maya yang telah disimulasikan oleh perangkat VR. Dengan begitu pengguna seakan benar-benar merasakan telah berada dalam lingkungan tersebut.

Lantas, bagaimana cara kerja virtual reality dan apa manfaatnya? Nah, simak ulasannya di bawah ini:

Bagaimana cara kerja virtual reality para berbagai perangkat VR?

Jika berbicara tentang konsep atau cara kerja virtual reality, maka ini semua tentang dunia virtual. Seperti namanya, teknologi canggih ini mampu menciptakan sebuah lingkungan dalam dunia maya atau dunia virtual yang sama persis dengan dunia nyata tempat kita tinggal. Namun, untuk bisa merasakannya, pengguna membutuhkan perangkat interface.

Perangkat sensory-immersion VR atau perangkat interface merupakan penghubung antara indera manusia dengan dunia maya. Beberapa perangkat ini antara lain helm VR, rompi VR, sarung tangan VR, dan juga headset VR.

Di antara beberapa interface di atas, salah satu yang paling banyak digunakan adalah helm VR yang dilengkapi dengan penutup mata. Ketika menggunakan ini, maka gambar dalam dunia maya bisa berubah hanya dengan mengikuti gerakan kepala. Nah, karena hal itulah tampilan gambar di sini nampak kian nyata.

Selain itu, yang sering digunakan juga adalah headset VR. Headset VR di sini berperan membawa penggunanya untuk terbang, masuk, dan berpindah ke dalam dunia virtual. Nah, kenyataanya headset ini sebenarnya dibekali dengan berbagai fitur yang memungkinkannya untuk melakukan hal tersebut.

Beberapa fitur yang ditanamkan dalam headset VR diantaranya adalah magnetometer yang mampu menentukan gerakan dan juga melacak interaksi pengguna ketika berada di dunia maya, sensor gyroscopic untuk menjaga stabilizer, navigasi atau arah, serta akselerator.

Headset VR ini bisa digunakan bersama dengan komputer, atau bisa juga digunakan secara mandiri. Semakin tinggi spesifikasi dari headset, maka hasil tampilan gambarnya pun juga kian jernih dan simulasi yang dihasilkan bisa nampak lebih nyata.

Selain perangkat interface di atas, ada juga jenis peralatan yang disebut projection VR yang mampu memproyeksikan objek dalam dunia maya ke layar lebar. Dengan ini kamu bisa lebih luas dan bebas dalam berinteraksi dengan objek virtual. Contoh dari perangkat ini yakni responsive workbench dan cave automatic virtual environment.

Ada pula perangkat lain yang bisa membuatmu merasakan sensasi VR yang disebut dengan simulator VR. Jenis satu ini cukup sering digunakan pada industri otomotif karena mampu memberikan efek berupa guncangan atau getaran.

Ada pula simulasi kabin penumpang yang di dalamnya dilengkapi dengan monitor sebagai kaca depan yang lengkap dengan tampilan VR dan akan membuatmu benar-benar merasakan sensasi berkendara dalam kapal yang sesungguhnya. Terakhir ada desktop VR yang mana tampilan dunia maya akan terkoneksi dengan layar komputer.

Dari ulasan di atas bisa disimpulkan jika cara kerja virtual reality dimulai dari pengguna yang melihat dunia maya lewat berbagai perangkat VR yang merupakan hasil dari simulasi komputer. Lewat berbagai perangkat tersebut kemudian user atau pengguna bisa berinteraksi serta mendapatkan umpan balik yang seolah nyata, baik secara fiksi atau fisik.

Atau intinya virtual reality menghapus dunia nyata di sekitarmu dan memanipulasi otak manusia agar seolah merasakan seberapa nyatanya sensasi teknologi yang luar biasa mengagumkan.

Apa kelebihan dan manfaat virtual reality?

Di atas adalah cara kerja virtual reality, lantas apa kelebihannya? Penggunaan virtual reality tentu saja memiliki banyak kelebihan dan manfaat untuk sekarang ini. Ada banyak pekerjaan yang awalnya sulit, tetapi semenjak adanya teknologi ini jadi lebih mudah. Misalnya pekerjaan merancang denah rumah, hotel, gedung dan bangunan lainnya.

Selain itu, virtual reality juga bisa digunakan pada beberapa latihan rumit semisal latihan menerbangkan pesawat. Pada game, virtual reality bisa dijadikan sebagai tempat pelarian dari kepenatan. Beberapa game yang memiliki fitur VR antara lain The Sims, Second Life, dan Fable.

Virtual reality sekarang juga sering digunakan sebagai media pembelajaran anak-anak. Misal sebagai simulator gempa, atau untuk mengenalkan hewan-hewan dalam kebun binatang secara tiga dimensi. Media pembelajaran menggunakan virtual reality disebut lebih murah, lebih mudah digunakan oleh siswa dan guru, serta lebih mudah untuk diakses.

Salah satu manfaat lain dari teknologi ini juga dirasakan di dunia kesehatan. Diketahui jika virtual reality mampu meredakan rasa sakit dari ibu hamil ketika proses persalinan. Seorang ibu hamil yang diberikan headset VR sambil diberikan gambar serta suara disebut berhasil mengalihkan perhatian dan pikiran mereka. Selain itu, permainan juga mampu membuat pasien lupa akan rasa sakit ketika tengah diperban. Menarik, bukan?

Nah, dari ulasan di atas, apakah kamu ingin menjadi salah satu ahli dalam bidang virtual reality. Dengan kian majunya teknologi, maka akan kian banyak pula dibutuhkannya virtual reality dalam kehidupan sehari-hari. Jika kamu tertarik untuk menjadi seorang ahli dalam dunia virtual reality, maka langsung daftarkan dirimu ke BINUS ONLINE.

Di sini kamu akan mendapatkan banyak ilmu terkait dengan virtual reality dan bagaimana cara pengembangannya. Selain itu, BINUS ONLINE juga telah menerapkan metode online learning yang akan memudahkanmu untuk bisa tetap kuliah tanpa harus terkendala jarak dan waktu karena pemilihan jadwal yang sangat fleksibel.

Tertarik dengan dunia virtual reality? Gabung langsung ke BINUS ONLINE sekarang juga.

Whatsapp