BINUS Online

10 Contoh Kecerdasan Buatan dalam Kehidupan Sehari-hari

Ketika kita berbicara tentang kecerdasan buatan, kita akan berbicara tentang sistem komputer yang dirancang secara khusus dengan kecerdasan layaknya manusia didalamnya. Contoh kecerdasan buatan dalam kehidupan sehari-hari sudah kian banyak seiring berkembangnya teknologi. Nah, kira-kira apa saja contoh dari kecerdasan buatan tersebut? Simak ulasannya di bawah ini.

Apa saja contoh kecerdasan buatan dalam kehidupan sehari-hari?

1. Robot vacuum cleaner

Ini adalah alat penghisap debu yang memiliki kecerdasan buatan. Dibekali dengan rangkaian sensor navigasi, robot vacuum cleaner ini mampu menyesuaikan diri dengan situasi rumah ketika bergerak. Selain itu, robot ini juga dibekali dengan sensor waktu yang membuatnya mampu bergerak sesuai pengaturan waktunya.

2. Fitur GPS

Ini juga salah satu contoh kecerdasan buatan dalam kehidupan sehari-hari yang saat ini sangat bermanfaat. GPS menggunakan big data dalam prosesnya. GPS memiliki banyak keahlian, seperti memberikan estimasi waktu untuk tiba di lokasi serta kemampuan untuk mendeteksi jalanan yang macet.
Perlu diketahui jika pembuatan rute GPS ini menggunakan mobil dengan kamera 360 derajat mengelilingi dunia. Dengan ini kamu bisa melihat tampilan tiga dimensi di layar smartphone-mu.

3. Streaming music atau video

Siapa sangka jika ini adalah bagian dari kecerdasan buatan. Ya, streaming sendiri telah menjadi media hiburan bagi seluruh manusia di dunia. Program ini dibekali kemampuan untuk mengakses video atau musik dengan cepat sesuai dengan riwayat rekam jejak penelurusan yang pernah kita lakukan.

4. Search engine

Contoh kecerdasan buatan dalam kehidupan sehari-hari yang saat ini sering digunakan adalah search engine. Bahkan ada yang menyatakan jika search engine adalah sesuatu yang tahu segalanya.

Sebenarnya kepintaran dari search engine ini tidaklah didapat langsung, melainkan dari kontributor konten masyarakat dunia, tetapi search engine dibekali algoritma yang mampu mencari jawaban-jawaban yang tepat dari segala permasalahan dengan membandingkan antar satu konten dengan konten lainnya.

Kecerdasan buatan dalam search engine ini juga diletakkan dalam sistem yang mampu mempelajari kebiasaan dari para penggunanya. Jadi, biasanya mereka akan memberikan informasi atau berita berdasarkan dari kebiasaan pengguna ketika mencari informasi.

5. Fitur selfie

Tahukah kamu bahwa dalam fitur selfie disematkan kecerdasan buatan? Bagi kamu yang suka editing foto menggunakan filter seperti beauty dan sebagainya pasti cukup penasaran bagaimana program tersebut bisa mendeteksi wajah dengan baik. Nah, tentu saja karena dalam fitur tersebut telah disematkan fitur kecerdasan buatan yang mampu mendeteksi wajah, warna, serta kualitas.

Namun tak hanya itu, sekarang bahkan fitur kecerdasan buatan ini bisa membantumu menghapus background dengan mudah tanpa harus menghapus secara manual. Menarik, bukan?

6. Pemesanan ojek online

Salah satu contoh kecerdasan buatan dalam kehidupan sehari-hari yakni pemesanan ojek online. Ketika kamu memesan ojek online atau memesan taksi online, kamu akan dihadirkan dengan spot-spot tempat ojek berada. Memang ketika pemesanan kita tak bisa memilih pengendara atau driver karena sistem akan memilihnya secara otomatis berdasarkan dari kriteria yang dibutuhkan.

Program yang dibekali dengan kecerdasan buatan ini juga memungkinkan bagi para driver untuk off sementara waktu sesuai dengan kebutuhan mereka. Jadi tidak ada paksaan bagi driver untuk bekerja dengan jadwal yang panjang.

Program kecerdasan buatan yang disematkan pada aplikasi ini juga selalu diperbaharui untuk mengurangi adanya penyalahgunaan oleh konsumen ataupun driver.

7. Video game

Perkembangan video game sekarang ini sudah kian pesat. Sekarang video game tersedia dalam desain tiga dimensi yang sangat mirip dengan suasana dunia nyata. Hal ini memang tak lepas dari peran para game developer yang menyematkan teknologi kecerdasan buatan dalam game yang dibangunnya. Selain itu, kecerdasan buatan yang disematkan ini juga mampu membaca teknik permainan dari para user dan menyesuaikan cara melawan user dengan tingkatan level yang berbeda.

8. Internet marketing

Kecerdasan buatan juga bisa ditemukan dalam internet marketing. Disini kecerdasan buatan bekerja dengan cara memberikan iklan kepada pada user sesuai dengan rekam jejak pengguna atau riwayat penelusuran mereka. Lewat ini kemudian para internet marketing bisa mendapatkan user yang tepat sesuai dengan segmentasi pasar mereka.

9. Media sosial

Siapa sangka jika media sosial menjadi salah satu contoh kecerdasan buatan dalam kehidupan sehari-hari. Ya, kecerdasan buatan disematkan di sini dalam mencari pertemanan berdasarkan nomor kontak yang disimpan. Jadi, mungkin kamu pernah secara tidak langsung menemukan kontak temanmu dalam laman media sosial padahal kamu tak pernah meminta sebelumnya. Nah, di sinilah kecerdasan buatan tersebut bekerja.

10. Translator

Ini juga salah satu contoh kecerdasan buatan dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini tak hanya berupa teks, translator sekarang juga berupa voice record. Jadi, cukup dengan merekam suara maka akan langsung diterjemahkan ke bahasa yang dipilih.

Di atas adalah ulasan terkait contoh kecerdasan buatan dalam kehidupan sehari-hari. Selain beberapa ulasan di atas, masih banyak lagi contoh yang ada sekarang ini. Intinya, kecerdasan buatan memiliki tujuan utama agar manusia bisa lebih mudah untuk mengakses segala hal apapun dengan mudah, praktis dan cepat.

Kecerdasan buatan tentu tidak bisa luput dari tangan seorang yang ahli programmer. Tentu semua orang bisa melakukannya meski dengan proses yang sederhana. Nah, untuk itu jika kamu tertarik dengan kecerdasan buatan tersebut, pastikan untuk kuliah di jurusan teknik informatika BINUS ONLINE Learning dan jadilah seorang programmer. Di sini kamu akan menemukan berbagai mata kuliah dari kurikulum pembelajaran yang telah mengikuti standar internasional.

Whatsapp